oleh

Eksistensi Padepokan Wargi Putra Saputra Merawat Seni Tradisi dan Budaya Banten

Penampilan seni silat Padepokan Wargi Putra Saputra di salah satu acara hajatan warga.

CHANEL BANTEN – Eksistensi Padepokan Wargi Putra Saputra, berlokasi di Kampung RT 01 RW 02, Desa Kurung Kambing, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang tak diragukan lagi.

Pandepokan yang di asuh dan dipimpin Juhro itu, memililiki sumbangsih yang cukup besar dalam merawat akar tradisi dan budaya Banten hingga saat ini.

Ditemui Chanel Banten, Pimpinan Padepokan Juhro mengatakan, Padepokan Wargi Putra Saputra memiliki komitmen dalam merawat seni dan tradisi budaya Banten. Padepokannya sudah eksis cukup lama dan memberikan sumbangsih pada daerah sebagai Padepokan pelestarian seni dan budaya.

“Tujuan kami, yaitu ingin terus merawat seni dan budaya lokal. Meski didera globalisasi saat ini, kami ingin terus memperkenalkan seni silat dan budaya leluhur kita kepada para generasi mendatang,” kata Juhro, Minggu 2 Januari 2022.

Baca juga: Pengusaha Sapi Potong di Pandeglang Diduga Jadi Korban Pengeroyokan

Ia menjelaskan, Padepokannya mendalami seni silat Cimande empat kalima pancer. Serta mendalami nilai-nilai Syahadat panca lima sila dasar, bela Nusa bangsa, agama serta bela negara. Berikutnya ada Agung Tirtayasa Banten serta Syekh Maulana Hasanuddin, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga.

“Untuk memperkenalkan seni silat kita sering hadir dalam acara hajatan warga. Tujuannya untuk memperkenalkan eksistensi kepada masyarakat,” katanya.

Sementara, warga sangat menyambut baik kehadiran Padepokan Wargi Putra Saputra. Kehadiran Padepokan itu sebagai pilar merawat seni dan budaya lokal yang kini kian terkikis.

“Sangat bagus, Padepokan ini memiliki peran penting dalam merawat seni dan budaya,” ujar Kosasih salah satu warga.

(Muhamad Ubik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar