oleh

Di Kampung Ini, Pemilihan Ketua RW Serasa Pemilu dan Pilkada

CHANEL BANTEN – Warga Kampung Bojong Kapunah, Desa Sukamekarsari, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak menggelar pemilihan Ketua Rukun Warga (RW), Minggu 5 Desember 2021.

Uniknya, prosesi pemilihan Ketua RW di daerah itu sangat meriah dan demokratis serasa sedang dalam suasan Pemilihan umum (Pemilu) atau Pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Baca juga: Rumah Gubuk Seorang Warga di Lebak Ini Berselimut Tanaman Liar

Pemilihan Ketua RW di Kampung itu diikuti 2 (dua) calon, yaitu Suganda nomor urut 2 dan Maryati nomor urut 1 (Incumbent).

Proses pemilihan Ketua RW sangat tertib, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdapat bilik pencoblosan. Bahkan, tersedia pula surat suara, nomor urut serta warna masing-masing calon.

Muhamad Saudi biasa dipanggil Udi selaku Ketua Pelaksana Pemilihan Ketua RW 06 Kampung Bojong Kapunah mengatakan, dengan digelarnya pemilihan Ketua RW secara demokratis ini sebagai salah satu bentuk pembelajaran demokrasi bagi masyarakat ditingkat paling bawah sebagai ujung tombak keberhasilan pemerintah dan pembangunan.

“Pemilihan Ketua RW secara demokrasi ịni sudah berjalan sudah lama, dan untuk saat ini ada dua lawan calon Ketua RW.06 masa bakti 2021-2027 yaitu Maryati dan Suganda,” terang Saudi kepada awak media, Minggu 5 Desember 2021.

Dikatakannya, ada sekitar 250 Kepala Keluarga (KK) di kampung tersebut. Namun, untuk hak pilih sendiri sebanyak 403 suara. Pemilihan Ketua RW ini yang kedua kalinya dilaksanakan secara demokratis seperti layaknya Pemilu atau Pilpres.

Baca juga: Polisi Ungkap Korupsi Dana BLT Desa Pasindangan, Aliansi Indonesia Komando Garuda Sakti Lebak ‘Angkat Jempol’

“Antusias warga sangat mendukung dan senang dengan Pemilihan Ketua RW yang digelar seperti layaknya Pemilu atau Pilpres ini. Kegiatan Pemilihan ini berjalan dengan lancar aman dan tertib serta menggunakan protokol kesehatan, disediakan tempat cuci tangan dan tidak berkerumun,” katanya.

Udi berharap, dalam Pemilihan Ketua RW tersebut, tentu calon terpilih menjadi Ketua RW yang bijak dan mampu mengayomi masyarakatnya, serta bisa mengedepankan visi dan misinya yang akan diwujudkan tersebut.

“Masyarakat siapapun yang terpilih, Ketua RW dapat melaksanakan ámanah dan kepercayaan yang diberikan masyarakat,” harapnya.

Elis salah satu warga mengatakan, Sangat antusias dengan Pemilihan Ketua RW ini jadi kita bisa memilih bebas siapa saja calon yang dipilihnya dan tidak ada paksaan dalam memilih Ketua RW memimpin warganya Periode 2021-2027.

“Elis berharap semoga calon yang terpilih bisa memimpin dan bisa mengayomi warganya ya intinya tentu bisa memberikan suatu pencerahan bagi warga-warga nya tersebut,” pungkasnya.

(Luh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *