oleh

Soal Dana BLT di Desa Cibuah, Kabid Sapras DPMD Lebak: Sekdes Sok Pintar

Kantor Desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak.

CHANEL BANTEN – Kepala bidang Sarana dan Prasaran (Kabid Sapras) DPMD Lebak, Suparman menyayangkan sikap Sekretaris desa (Sekdes) Cibuah, Kecamatan Warunggunung mengalokasikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bukan pada peruntukannya.

“Kebijakan Sekdes Cibuah yang saat itu menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kades mengalokasikan dana BLT untuk keperluan lain sangat tidak benar. Sekder sok pintar, mengambil kebijakan tidak sesuai aturan,” kata Suparman kepada Chanel Banten, Selasa 23 November 2021.

Baca juga: Warga 4 Desa di Lebak Ancam Demo Tuntut Perbaikan Jalan Cikumpay-Ciparay

Menurut dia, kasus yang terjadi di Desa Cibuah tersebut harus menjadi pembelajaran bagi desa lain. Dimana, dana BLT tidak diperbolehkan dialokasikan pada kegiatan lain atau keperluan lainnya.

“Meskipun persoalannya sudah diselesaikan dengan masyarakat. Menyinggung masalah sanksi apa yang harus diberikan kepada Sekdes, itu kewenangan pihak kecamatan,” katanya.

Sebelumnya, dana BLT di Desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak dialokasikan untuk keperluan lain.

Hal itu diakui Sekretaris desa (Sekdes) setempat, Rizky. R Kusuma saat konfirmasi wartawan, pada Senin 22 November 2021 lalu.

“Iya memang dana BLT dialokasikan ke keperluan lain. Saya mengakui itu salah, karena dana BLT tak seharusnya dipakai untuk keperluan lain,” kata Rizky.

Ia mengatakan, dana BLT itu digunakannya
untuk keperluan warganya menyelesaikan urusan dengan warganya. Kebijakan itu menurutnya dilakukan terpaksa karena mendesak.

Baca juga: Kerahkan Tenaga Kecamatan Hingga RT, Dinkes Lebak Gencar Laksanakan Pekan Vaksinasi

“Saat itu, saya menjabat Pelaksana tugas (Plt) terpaksa membuat kebijakan yang menyimpang dari aturan,” katanya.

Ia mengakui, bahwa pihak pendamping BLT sempat menyalahkan termasuk Camat Kecamatan Warunggunung memberikan teguran terhadap dirinya.

“Saya mengakui salah, dan siap untuk bertanggungjawab selanjutnya akan mengembalikan kepada warga penerima BLT,” katanya.

Pihaknya menyelesaikan persoalan itu dengan para penerima dana BLT dengan cara mengganti dan sudah dibagikan kepada penerima BLT.

“Adapun jumlah penerima BLT di Desa Cibuah sebanyak 80 Penerima atau penerima,” pungkasnya.

(Cep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed