oleh

Dilepasliarkan, Wabup Lebak Berinama Seekor Burung Elang Jawa Nadira

Foto dokumen Humas Pemkab Lebak.

CHANEL BANTEN.com – Seekor burung Elang Jawa dilepasliarkan di kawasan Taman Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tepatnya di wilayah Desa Majasari, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak , Selasa 16 November 2021.

Sebelum dilepasliarkan, Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi yang turut hadir di acara itu berkesempatan memberikan nama burung betina itu dengan nama Nadira.

Kegiatan pelepasliaran satwa langka itu, dilakukan dalam acara Environmental Campaign (Kampanye Lingkungan) Tahun 2021 dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), Hari Cinta Pispa Dan Satwa Nasional (HCPSN) dan Hari Pahlawan.

“Hari ini bersama-sama kita lepasliarkan elang jawa yang kita kasih nama Nadira, dan burung elang ini menjadi kekayaan alam kita sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lebak dengan kekayaan ekosistemnya,” ungkap Ade Sumardi.

Baca juga:Kemenag Lebak Sosialisasikan Bimtek Perpajakan bagi Madrasah

Wabup Lebak juga meminta kepada masyarakat untuk menjadi pejuang lingkungan dengan berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam dengan tidak merusak alam dan perburuan satwa dilingkungan TNGHS maupun diluar TNGHS apalagi berstatus hewan yang dilindungi.

Sementara itu Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Ahmad Munawir menjelaskan burung elang merupakan top predator atau urutan teratas dalam rantai makanan didunia hewan, sehingga kepunahannya dapat menggangu ekosistem yang ada.

“Burung ini sudah sangat langka dialam, mungkin akibat tingkah laku kita juga manusia sebenarnya, dan alhamdulillah hari ini kita akan bebaskan kembali ke alam, merdeka di alam. Harapan kami karena dia sebagai salah satu kontek ekologi dia sebagai top predator sehingga menjadi penyeimbang ekosistem,” ungkap Kepala Balai TNGHS. (Luh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar