oleh

Heboh! Kemumculan Kerajaan ‘Angling Darma’ di Pandeglang, Raja Dikenal Dermawan

CHANEL BANTEN.com – Warga Kabupaten Pandeglang belakangan dihebohkan dengan kemunculan kerajaan ‘Angling Darma’. Kerajaan itu berdomisili di Kampung Salangari, RT 002 RW 001, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi.

Ramainya sosok kerajaan dengan sosok raja yang disebut dengan Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus, karena banyak melakukan pembanguan bedah rumah warga miskin di daerah itu.

Baca juga: Bandel! Satpol-PP Pandeglang Bubarkan PKL di Alun-alun

Salah seorang Ajudan Baginda Raja, Aki Jamil menceritakan, sosok baginda raja. Menurutnya, baginda merupakan salah satu titisan dari kesultanan banten. Yang mana, sebelumnya baginda merupakan salah satu santri di Kabupaten Pandeglang. 

“Keturunan sultan hasanudin banten.
Simbol angling dharma pernah ada kerjaan raja adil dan bijak sana. Bukan hanya pembangunan saja tapi ada juga sosial seperti santuan yatim dan janda. Pembangunan bedah rumah sudah sejak 2017 kurang lebih hampir 35 rumah yang sudah di bangun,” kata Jamil, Selasa 21 September 2021.

Baca juga: TKI di Malaysia Asal Lebak Meninggal Dunia, Keluarga Minta Bantuan Kepulangan Jenazah

Disebutkannya, anggaran yang digunakan untuk pembangunan bedah rumah merupakan hasil yang diperoleh baginda tanpa bekerja.

“Ngebangun rumah bukan karena banyak harta tapi karena kesaktian. Dengan membantu pemerintah. Karena muridnya baginda banyak jadi terkoneksi dari kesaktian baginda. Ada harta dari muridnya.  Kalau udah butuh mah ada baginda itu selalu ada,” ucapnya.

Bukan saja pembanguan rumah yang ia lakukan, melainkan terdapat empat pesantren yang sudah didirikan. Salah satunya pondok pesantren Ar-Riyadoh.

“Baginda itu hanya memberikan fasilitas saja. Karena, nanti juga ada yang mengelola nya. Sudah ad empat pondok pesantren yang di bangun. Kalau pembanguan sudah dilakukan sejak tahun 1993,” tuturnya. (Sam)

News Feed