oleh

Sejumlah Warga Royal Garden Demo Tolak Pembangunan SUTET

CHANEL BANTEN.comSejumlah warga perumahan Royal Garden, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menggelar aksi unjuk rasa, Senin, 23 Agustus 2021.

Dalam aksi itu, warga menolak adanya pembagunan Saluran Udara Teganggan EKstra Tinggi (SUTET), karena dinilai dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Ingin Pakai Narkoba Gratis, Janda Muda di Lebak Pilih Jadi Pengedar Sabu-sabu

Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, Betta menegaskan, warga menolak adanya pembangunan SUTET di wilayahnya tersebut. Warga menolak, karena bentangan kabel SUTET akan melintasi sejumlah rumah-rumah warga.

“Sebetulnya persoalan ini sudah lama, yang kami sayangkan tidak ada sosialisasi akan ada kabel SUTET yang melintas diatas perumahan kami,” kata Betta, kepada wartawan, saat ditemui lokasi.

Menurutnya, memang perumahan Royal Garden dikelilingi kabel SUTET. Namun, kabel sutet yang lama tidak melintas diatas perumahan warga.

“Jika kabel SUTET yang baru ini melintas, kami pastikan akan menolak walau akan diberi konfensasi berapapun,” ujarnya.

Radiasi SUTET dalam jangka panjang diklaim dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker darah (leukimia) pada anak anak.

Lanjut Betta, warga tidak butuh konpensasi, yang diinginkan warga menjaga anak cucu mereka dari dampak negatif adanya sutet yang melintas diatas rumah.

Baca juga: Luar Biasa! Kabupaten Lebak Miliki Sentra Ternak Ikan Patin Seluas 14 Ha

“Iya warga kami khawatir akan radiasi yang ditimbulkan sutet, apalagi beberapa hari yang lalui ada kejadian warga Lebak yang tersengat listrik akibat kabelnya putus,” ungkap Betta.

Sementara, Nana, pelaksana pembangunan pondasi menara SUTET mengaku, dirinya hanyalah pekerja yang disuruh oleh PLN.

“Kami akan laporkan terkait penolakan warga di perumahan Royal Garden kepada PLN dan untuk sementara kami akan hentikan pekerjaan ini sampai ada kesepakatan bersama,” ucap Nana. (Cep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed