oleh

Luar Biasa! Kabupaten Lebak Miliki Sentra Ternak Ikan Patin Seluas 14 Ha

CHANEL BANTEN.comMenteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono meninjau lokasi peternakan ikan patin di Kampung Rancamulya, Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Kamis 19 Agustus 2021.

Lawatan Menteri KKP ke Kota Multatuli itu berkenaan dengan meninjau kegiatan vaksinasi massal Covid-19 dikediamannya di daerah Warunggung KM 7.

Baca juga: Ingin Pakai Narkoba Gratis, Janda Muda di Lebak Pilih Jadi Pengedar Sabu-sabu

Dalam sambutannya, Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan adalah harapan pemerintah mendorong masyarakat dapat antusias menjadi petani budidaya ikan air tawar.

“Kedepan komoditas ikan air tawar akan maju baik lokal dan internasional. Sehingga perlu adanya edukasi kepada masyarakat agar bergerak dalam budidaya tersebut,” ujarnya.

“Adanya percepatan pembuatan kolam yang diperlukan adalah longarm (alat berat). Kita selaku pemerintah memberikan bantuan sejumlah 3 unit guna percepatan pembuatan kolam budidaya ikan air tawar. Semoga semakin banyak masyarakat yang menjadi petani budi daya ikan air tawar,” tambahnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Baduy, Bupati Lebak, Iti: Itu Kebanggan Buat Daerah

Sementara, tokoh masyarakat Mulyadi Jaya baya mengatakan, dalam hal pembuatan kolam terkendala alat berat. Dengan adanya bantuan dari pemerintah alat berat (Excavator), sangat membantu bagi petani guna percepatan pembuatan kolam.

“Bibit ikan air tawar saat ini kita dapatkan dari luar daerah yaitu wilayah Subang, Cianjur dan Sukabumi. Adapun lokasi dan tanah ini kami siapkan pinjaman buat petani dan pemerintah bila dijadikan lahan peternakan ikan air tawar,” kata Mulyadi Jayabaya.

“Di lahan ini telah dilaksanakan budidaya ikan Patin terdapat banyaknya 140 kolam dibangun selama 6 bulan. Sementara luasan sekitar 14 hektar rata-rata luas kolam 400 m2 dengan hasil produksi yang diharapkan 8 ton per panen dengan pemberian selama kurun waktu 3 bulan, adapun kisaran harga jual ikan patin Rp. 15.000 – Rp. 16.000/Kg,” tutupnya. (Cep)

News Feed