oleh

Pembudidaya Ikan Lele di Desa Aweh Sulit Kembangkan Usaha, Ini Kendalanya

CHANEL BANTEN.com – Kelompok tani (Poktan) Kalang Berkah di Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten butuh bantuan modal. Selain modal, mereka juga pengetahuan untuk mengembangkan usahanya.

Baca juga: 2 Hari Hilang Ditelan Ombak Karang Seke, Santri Asal Serang Ditemukan Tewas

Ketua Poktan Kalang Berkah, Japat mengatakan, budidaya ikan lele sangat menjanjikan. Hanya saja, karena kurangnya modal dan pengetahuan budidaya membuat hasil budidaya tidak maksimal.

“Selain modalnya, kita juga kurang pengetahuan dalam mengembangkan budidaya,” kata Japat, Senin, 21 Juni 2021.

Karenanya, Ia berharap, pemerintah daerah bisa memberikan bantuan teknis maupun non teknis, seperti pelatihan dan bantuan lainnya. “Selama ini, kami kurang perhatian,” ucapnya.

Hampir senada dikatakan, Sekreraris Poktan, Suro. Menurutnya, potensi di desanya sangat memungkinkan untuk membudidayakan ikan lele. Karena, selain hamparannya masih luas, kondisi air juga sangat memungkinkan.

“Daerah kami ini sangat potensial dalam membudiayakan ikan lele,” ucapnya.

Baca juga: Jelang Pilkades Serentak 2021, Balonkades di Lebak Mulai Urus Persyaratan

Ditemui terpisah, Kasi Budiaya Ikan Dinas Perikanan Lebak, Hubiani mengatakan, selama ini pihaknya sangat mendukung para pembudidaya ikan lele. Bahkan, pihaknya siap memberikan pelatihan kapanpun dibutuhkan.

“Untuk bantuan benih bibit ikan, itu harus melalui permintaan dari kelompok melalui proposal. Itu pun harus dimasukan dulu di Musrenbang, karena itu yang menjadi acuan kita” ungkap Hubiani. (A.Solihin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed