oleh

Polda Banten Gagalkan Penyelundupan Ribuan Bibit Lobster Senilai Rp 23 Miliar

CHANEL BANTEN.com – Direktorat kepolisian perairan dan udara (Ditpolairud) Polda Banten berhasil mengagalkan penyelundupan benih lobster, Sabtu, 12 Juni 2021.

Dalam pengungkapan kasus itu, polisi mengamankan 90 Ribu benih lobster, diperkirakan senilai Rp 23 miliar.

Baca juga: Soal Video Wisatawan Mesum di Cikoromoy Saat Libur Lebaran, Siber Polda Banten Diminta Turun Tangan

Dirpolairud Polda Banten, Kombes Pol Rustam Mansyur, melalui Wadir Polairud Polda Banten, AKBP Abdul Majid mengatakan, bibit lobster senilai Rp 23 miliar itu diamankan saat akan menyebrang pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 12 Juni sekitar pukul 03.00 WIB.

“Bibit lobster itu diangkut menggunakan kendaraan Minibus warna putih Nopol B 1454 BB. Lobster itu diduga akan diselundupkan melalui pelabuhan Merak,” kata AKBP Abdul Majid, saat jumpa pers di Mapolda Banten, Sabtu, 12 Juni 2021.

Pengungkapan kasus penyelundupan bibit lobster tersebut, kata dia, berawal adanya laporan dari masyarakat. Dari informasi itu, akan ada pengiriman benih bening lobster dari pelabuhan Ratu, Bayah dan Binuangeun yang akan dikirim melalui pelabuhan Merak menuju Pulau Sumatera.

“Berdasarkan informasi itu, anggota langsung bergerak cepat,” katanya.

Bibit lobster disimpan dalam 15 box sterofoam yang berisi 90 ribu benih bening lobster jenis Mutiara dan Pasir. Berdasarkan keterangan sopir yang berinisial M, bibit lobster akan dikirim ke Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga: Di Pelabuhan Merak, Petugas Gagalkan Penyelundupan Ribuan Benur Ke Vietnam

“Pengiriman bibit lobster itu tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah. Sehingga merugikan negara sebesar Rp 23 miliar,” ucapnya.

Atas perbuatannya tersebut, kata Majid, tersangka dijerat dengan Undang-Undang 45 Tahun 2009 tentang perikanan. Tersangka terancam hukuman delapan tahun penjara dan denda sebesar Rp 8 miliar.

Penulis: Galuh l Editor: Yuda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed