oleh

Pemkab Serang Targetkan Nilai Tertinggi dalam PMPRB 2021, Ini Upaya yang Dilakukan

CHANEL BANTEN.com – Pemkab Serang menargetkan nilai A dalam Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) tahun 2021.

Asisten daerah (Asda) 1 Bidang Administrasi Pemkab Serang, Nanang Supriatna mengatakan, tahun 2020 Pemkab Serang baru meraih nilai C atas PMPRB dari KemenPAN RB. Karenanya, tahun 2021 ini, pihaknya menargetkan bisa meraih nila A.

Baca juga: Jalan Selesai Dibangun, Warga Mancak Kabupaten Serang Langsung Lakukan Ini

“Penilaian tertinggi itu A, kita sebelumnya dapat nilai C. Mudah-mudahan tahun ini B, syukur-syukur target bisa meraih nilai A,” kata Nanang, kepada awak media, Minggu, 6 Juni 2021.

Untuk meraih nilai A atas PMPRB dari KemenPAN RB, upaya dilakukan, sambung dia, salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

“Itu dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan penilaian dari Kementrian awal Juli 2021 ini. Kita punya tim dari Inspektorat untuk mereview dari masing-masing unit Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” katanya.

Kepala bagian (Kabag) Keorganisasian Pemkab Serang, Farida menambahkan, untuk PMPRB dari KemenPAN RB meliputi delapan area aspek, diantaranya, Manajemen Perubahan, Penataan Peraturan Perundang-Undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tata Laksana, Penataan Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, danPeningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Baca juga: Pemkab Serang Mulai Terapkan Kelas Tatap Muka, SD Pertama, Selanjutnya SMP

“Jadi delapan area ini di  breakdown dalam rencana kerja masing-masing. Kalau di tingkat pusat atau daerah ada yang namanya road map Pemkab Serang kita sudah buat, itu setiap OPD juga sudah ada,”ujarnya.

Terkait PMPRB dari KemenPAN RB, kata dia, setiap tahunnya lebih kepada evaluasi untuk pemerintah pusat atau daerah. Meski demikian, pihaknya mempunyai target atas evaluasi itu adanya peningkatan nilai atas kinerja Pemkab Serang.

“Kalau target semua berharap kita mendapat yang terbaik atau nilai A,” katanya.

Penulis: Sam l Editor: Galuh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed