oleh

Tak Hanya Sebatas Kuliner Khas Bulan Ramadan, Ternyata Kolang-kaling Miliki Khasiat Ini

CHANELBANTEN.com – Olahan biji buah atap kolang-kaling memilik banyak ragamnya untuk penganan khas takjil teman santap saat berbuka puasa.

Kolang-kaling menjadi penganan paforit saat ramadan, karena rasanya yang kenyal sangat mudah dijadikan olahan penganan khas Ramadan. Sehingga, setiap bulan ramadan olahan penganan kolang-kaling tak pernah absen tersaji di meja.

Tapi, tahukan Anda, bahwa selain memiliki rasa yang kenyal dan enak, ternyata kolang-kaling memiliki khasiat mengurngi nafsu makan, sehingga cocok bagi mereka yang berniat ingin diet.

Dikutip dilaman Wikipedia, kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8 persen dalam setiap 100 gram-nya. Kolang-kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.

Baca juga: Tekankan Pentingnya Digitalisasi bagi Pelaku Kuliner, Kemenparekraf Siapkan Sejumlah Program, Apa Saja Itu?

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang-kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya.

Selain itu, bisa juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Penulis : G Malpiana
Editor : Redaksi
Sumber : Wikipedia
Foto Ilustrasi : bisnisbandung.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed