oleh

Sabar Jangan Mudik Dulu! di Banten, Pelanggar Mudik Lebaran Akan Dikarantina 5 x 24 Jam

Foto: tangkapan layar Instagram @pemprov.banten

CHANELBANTEN.com – Gubernur Banten Wahidin Halim meminta seluruh Bupati dan Walikota segera menyosialisasikan larangan mudik Lebaran tahun ini kepada masyarakat.

Selain itu, Bupati/Walikota diminta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 ditingkat Desa/Kelurahan sebagai upaya upaya pengendalian Covid-19 di daerahnya masing-masing, umumnya di Banten.

Dilansir di akun Instagram resmi Pemprov Banten, @pemprov.banten, intruksi itu merupakan tindaklanjut dilakukannya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banten, sebagaimana tertuang dalam intruksi Gubernur Nomor 8 tahun 2021 tentang PPKM berbasis mikro yang dimulai sejak 20 April hingga 3 Mei 2021.

Dalam PPKM tersebut disebutkan, jika masyarakat melakukan pelanggaran peniadaan mudik, maka akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara, untuk masyarakat yang melakukan perjalanan lintas provinsi/kabupaten/kota tanpa dilengkapi dokumen administrasi perjalanan akan dikarantina di posko desa/kelurahan selama 5 x 24 jam dengan penerapan protokol kesehatan. Biaya karantina dibebankan kepada masyakat tersebut selaku pelanggar.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021 di Banten, Pintu Tol Hingga Jalan Arteri Disekat

Gubernur Wahidin Halim memerintahkan, bidang perhubungan dan Satpol PP untuk melakukan penguatan, pengendalian dan pengawasan terhadap perjalanan orang di posko chek point di masing-masing daerah.
Upaya itu dengan melibatkan unsur TNI dan Polri selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Satlinmas, BPBD dan Pemadam kebakaran juga harus meningkatkan kesiapsiagan mencegah dan mengatasi aktivitas masyarakat yang dapat menganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat,” kata Gubernur.

Selain itu, pengawasan kerumunan masa juga harus dilakukan di sejumlah tempat fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, restoran, tempat wisatas selama bulan puasa dan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Kesiapsiaagan dan antisipasi juga harus ditingkatkan jika terjadi bencana alam, seperti banjir dan longsor dan lainnya,” katanya.

Penulis: Galuh Malpiana l Editor: Yudha
Sumber: Instagram @pemprov.banten

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed