oleh

Proyek Bronjong di Situ Palayangan Cimarga Tanpa Papan Proyek, Aktivis: Jangan-jangan Proyek Siluman

CHANELBANTEN.com – Proyek pembangunan bronjong di Situ Palayangan Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten menuai sorotan. Sebab, di lokasi proyek yang sudah berjalan sebulan itu, tidak terpampang papan pengumuman proyek.

“Sejak proyek berjalan, tidak lihat ada papan informasi proyeknya,” kata salah seorang yang namanya enggan disebutkan, Jumat, 23 April 2021.

Baca juga: Diduga Jadi Penyebab Pendangkalan Situ Palayangan, Lima Lokasi Pertambangan Pasir di Cimarga Ditutup

Menanggapi hal itu, Ketua Badak Banten Perjuangan (BBP) Dewan Pengurus Cabang (DPC ) Lebak Erot Rohman menyayangkan tidak terpasangnya papan proyek dilokasi proyek tersebut. Menurutnya, pihak pengawas lapangan yang melakukan monitoring menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

“Wajib dipasang papan proyeknya. Jangan sampai ada prasangka, jangan-jangan itu proyek siluman,” katanya.

Jika mengacu pada Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek. Dimana, memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi. Sehingga, masyarakat dapat ikut serta dalam proses pembangunan tersebut,” ujarnya.

Penulis : A Solihin
Editor : G Malpiana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed