oleh

Satpol PP Lebak Akhirnya Segel PT APN Peternakan Ayam Tak Berizin di Sukarame

CHANELBANTEN.com – Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebak menutup aktivitas peternakan ayam petelur PT Avian Parama Nusantara (APN) di Kampung Ciipager, Desa Sukarame, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa, 20 April 2021.

Penutupan peternakan ayam yang sudah beroperasi sekitar 12 tahun itu, karena perusahaan tidak mengantongi izin dari pemerintah setempat.

Kepala seksi Intelijen (Kasi Intel) Satpol PP Lebak, Wahyudin mengatakan, sebelum dilakukan penyegelan, pihaknya sudah melayangkan surat peringatan dan teguran sebanyak tiga kali ke pemilik perusahan. Pihaknya memberikan waktu agar pemilik perusahaan mengosongkan ayam yang masih produksi dengan batas waktu tiga minggu.

“Sudah kita segel. Pemilik peternakan ayam kita beri waktu tiga minggu untuk mengsongkan ayam yang ada di kandang,” kata Wahyudin.

Terkait bangunan yang belum mengantongi izin, pihaknya juga akan melakukan pembongkaran. Namun, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari dinas terkait, yaitu DPUPR Lebak.

“Kalau untuk pembongkaran bangunan kita menunggu rekom dulu dari DPUPR. Apakah layak di bongkar ata tidak,” ucapnya.

Baca juga: Aktivitas Perusahaan Ternak PT APN di Desa Sukarame Diduga Ilegal, Dinas Terkait Harus Tegas

Sementara, Direktur PT Avian Parama Nusantara atau APN, Gocun mengaku siap mengikuti aturan yang berlaku. Pihaknya meyakinkan jika dokumen perizinan saat ini sedang dalam proses.

“Izin sedang di urus, kalau pun bangunan mesti di bongkar kita pasrah paling angkat kaki dari Lebak,” katanya.

Normatif
Menanggapi hal itu, Ketua Forum Komunikasi Lembaga Swadaya Masyarakat (FK-LSM) Lebak, Yayat Ruyatna mengapresiasi tindakan Satpol PP. Namun menurutnya, upaya penindakan terkesan landai dan normatif.

“Semestinya tutup total tidak boleh ada kegiatan dalam bentuk apapun. Karena, perusahan itu sudah sekitar 12 tahun beroperasi, tetapi abai terhadap aturan,” katanya.

Penulis : Dede Mulyana
Editor : G Malpiana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed