oleh

Dinilai Tak Ada Kepedulian, Warga Desa Cibuah Pertanyakan CSR PT Indomarco

CHANELBANTEN.com-Warga Desa Cibuah, Kecamatan Warunggung, Kabupaten Lebak, Banten mempertanyakan realisasi dana Corporate Social Responsbility (CSR) PT Indomarco. Sebab, selama perusahaan beroperasi di daerah itu, belum ada perhatian terhadap warga.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Encep Supriatna mengatakan, warga sangat kecewa terhadap manajemen PT Indomarco, yang selama ini dirasakan tak peduli terhadap pembangunan dan kesejahteraan warga di desa sekitar. Sejak perusahaan itu berdiri, perusahaan abai terhadap keadaan lingkungan warga.

“Misalnya soal penyerapan tenaga kerja, perusahaan tidak memprioritaskan tenaga kerja lokal. Belum lagi kontribusinya terhadap pembangunan di desa, itu sama sekali belum pernah dirasakan warga,” kata Encep Supriatna yang merupakan Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak itu, Sabtu, 17 April 2021.

Baca juga: Waduh! Pembangunan Ternak Ayam di Desa Cikareo Cileles Diduga Langgar RTRW

Menurut dia, kehadiran perusahaan di daerah seharusnya membawa dampak positif bagi warga sekitar. Perusahaan juga memiliki tangung jawab memajukan perekonomian warga. Karenanya, setiap perusahaam wajib menyalurkan dana CSR demi kesejahteraan warga di daerah sekitar.

“Dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas yang mencakup lingkungan, ada istilah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), maka setiap perusahaan wajib melaksanakan TJSL,” ucapnya.

Bisa kena sanksi
Jika mengacu pada peraturan perundang-undangan tersebut, kata dia, maka bagi setiap perusahaan yang tidak menjalankan ketentuan itu akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundangan-undangan.

“Artinya, PT Indomarco sudah abai terhadap aturan. Karena, selama ini belum pernah dirasakan tangung jawab sosialnya terhadap warga, yaitu CSR,” ucapnya.

Ia juga berharap, Forum CSR Kabupaten Lebak menindaklanjuti persoalan tersebut. Hal itu agar kedepan tidak perusahaan di Lebak yang abaik dalam melakukan tangung jawab sosialnya kepada masyarakat.

Hampir senada disampaikan tokoh masyarakat lainnya, Uud Hudori. Ia mengaku, kecewa dengan manajemen PT Indomarco yang tak peduli dengan kondisi sosial lingkungan warga sekitar.

“Perhatian perusahaan belum pernah dirasakan warga. Bahkan, saat ini saja warga sedang membangun jalan tak jauh dari lingkungan perusahaan, tapi tidak ada perhatian dari perusahaan,” ujarnya.

Hingga berita ini dipublis, wartawan masih melakukan upaya konfirmasi ke pihak manajemen perusahaan PT Indomarco.

Penulis : G Mapiana
Editor : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed