oleh

Tingkatkan Pelayanan Air Minum Masyarakat, Pemkab Lebak Bangun SPAM dan SPAL Domestik

CHANELBANTEN.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melaksanakan pembangunan sarana air minum dan pemasangan meter air di 22 lokasi.

Pembangunan sarana air tersebut, bertujuan meningkatkan cakupan layanan air minum dan air limbah domestik di wilayah itu.

Survei awal rencana lokasi pembangunan.

Kepala DPUPR Lebak, Maman S Parman mengatakan, anggaran kegiatan itu bersumber dana hibah sebesar Rp 3,5 miliar. Upaya pembagunan dilakukan guna meningkatkan cakupan layanan air minum dan air limbah domestik.

“Pelaksanaannya tersebar di 22 titik, berupa pembangunan sarana air minum dan pemasangan meter air,” ucap Maman S Parman.

Selain itu, lanjut dia, dilakasanakan pula pembangunan sistem penyediaan air limbah domestik di 32 lokasi dengan total anggaran sebesar Rp 12,7 miliar.

Pembangunan infrastruktur dasar itu dilakukan melalui pendekatan pembangunan berbasis masyarakat, dimana perencanaan, pembangunan, pengawasan, pemanfaatan, dan pemeliharaan langsung dilaksanakan oleh masyarakat.

“Untuk meningkatkan akes air minum layak, dialokasikan juga anggaran sebesar Rp 18,9 miliar untuk pembangunan sistem penyediaan air minum di 37 lokasi,” ucapnya.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur dasar berupa pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Limbah (SPAL) domestik itu. Maka, diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi dan pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed