oleh

Diduga Jadi Penyebab Pendangkalan Situ Palayangan, Lima Lokasi Pertambangan Pasir di Cimarga Ditutup

CHANELBANTEN.com – Tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Lebak menutup lima lokasi pertambangan pasir di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu, 7 April 2021. Ke lima pertambangan yang diduga menjadi penyebab pendangkalan situ Palayangan itu, tersebar di Blok Rahong dan Blok Tapen kecamatan setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH setempat, Dasep Novian mengaku telah menutup lima lokasi pertambangan pasir di Kecamatan Cimarga. Penutupan melibatkan tim DLH, Satpol PP, Polres Lebak, TNI Kodim 0603 Lebak dan Subdenpom Lebak.

“Ke lima pertambangan itu kita berikan sanksi penutupan, karena dinilai telah melakukan pelanggaran,” kata Dasep Novian kepada Chanel Banten.com, Rabu, 7 April 2021.

Ia menjelaskan, penutupan ke lima lokasi pertambangan itu sesuai dengan aturan UU Nomor: 32 Tahun 2009, tentang PPLH, PP Nomor: 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan dan Pereraturan daerah (Perda) Nomor: 5 Tahun 2016, tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Lebak.

“Sebelumnya, ke lima perusahaan tambang itu sudah kami berikan peringatan. Tetapi tidak mengindahkan,” katanya.

Penulis : Dede
Editor : Galuh Malpiana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed