oleh

Kapan Cair? Sudah Tiga Bulan Guru Honorer di Lebak Belum Terima Tunjangan Kerja

CHANELBANTEN.com – Tunjangan kinerja (Tukin) guru honorer atau non ASN Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Lebak, terhitung sejak Januari hingga Maret 2021 belum juga cair.

Salah seorang guru honorer di SMP Negeri Wanasalam, Kabupaten Lebak mengaku, sudah tiga bulan belum menerima tunjangan kinerja sebagai guru honor.

“Iya sudah tiga bulan kita belum nerima honor,” kata salah seorang guru honorer yang enggan disebutkan namanya saat dihubungi wartawan, Selasa, 3 Maret 2021.

Baca juga: Pemkab Lebak Gelar Bintek Peta Proses Bisnis

Terpisah, salah seorang aktivis di Lebak, Erot Rohman mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak dalam hal ini Dinas Pendidikan jangan sampai melakukan tindakan yang berbau penindasan terhadap guru yang berstatus non ASN. Sebab, disisi lain mereka dituntut untuk menuntaskan kewajibannya dengan profesional seperti melakukan pembelajaran daring dan lain-lain.

“Tapi disisi lain Pemkab meremehkan haknya, kita bicara kemanusiaan saja dulu. Kasian mereka juga punya keluarga yang juga harus dihidupi,” ujar Erot.

Ia menyebutkan, tunjangan tersebut terhitung sejak Januari dan sampai hari ini mereka (guru) belum menerima Tukin. Padahal, sama-sama tahu nilai pembayaran Tukin untuk honorer di Kabupaten Lebak sangat jauh dari kata layak.

“Tapi kenapa dalam hal ini Pemda Lebak seolah mengabaikan pembayaran. Sudah nilainya kecil, lambat lagi,” cetusnya.

Lebih lanjut, Erot menjelaskan, jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, bahwa guru berhak mendapatkan penghasilan di atas kebutuhan minimum.

“Berbicara hak, artinya hak itu harus diberikan bilamana kewajibannya sudah dituntaskan,” jelasnya.

Pemkab Lebak harus segera mebayarakan tunjangan kinerja seluruh guru honorer baik tingkat SD maupun SMP yang belum dibayarkan hingga saat ini.

“Kajian ini berdasarkan hasil advokasi di sejumlah sekolah di Kabupaten Lebak, dimana kita mendapatkan banyak aduan dan keluhan dari sejumlah guru yang berstatus honorer atau non PNS,” tegasnya.

Hingga berita ini dipublish, awak media masih berupaya melakukan konfirmasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak.

Penulis : Mufin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. mohon didengarkan oleh pihak yang terkait,sehubungan masi banyak guru pns yang belum sertifikasi,bagi saya yang sudah 20 tahun jadi guru, akankah ada perhatian dari pemerintah sehubungan saya yang sudah berusia lanjut untuk mengikuti ppg,kalaupun ada kapan realisasi ppg bagi guru yang sudah psn dan sudah memenuhi syarat segera untuk dikabarkan melalui sim pkb,haturnuhun

News Feed