oleh

Cetak Generasi Muda Bijak Berbahasa dan Tak Tersandung Hukum, Kantor Bahasa Banten Lakukan Ini

CHANELBANTEN.com – Kantor Bahasa Banten (KBB) melakukan pelatihan edukasi bahasa dan hukum, kepada seluruh tenaga profesional maupun calon tenaga profesional.

Tujuannya, meningkatkan kemampuan dan profesinalisme berbahasa hukum di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, Kabupaten maupun Kota. Bertempat di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa, 30 Maret 2021.

Kepala Kantor Bahasa Banten, Halimi Hadibrata menuturkan, edukasi bahasa hukum dalam rangka menyosialisasikan dari Kantor Bahasa untuk memberikan layanan ahli bahasa, pada pradilan ataupun dipenyusunan Peraturan Daerah (Perda) maupun peraturan Bupati Serang, Walikota Serang hingga peraturan Gubernur Banten.

“Saya kira perkara pidana. Seperti pencemaran nama baik orang lain ataupun berita fitnah maupun berita bohong, harus ada profesionalisme dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berbahasa hukum yang baik dan benar. Sehingga tidak memperkeruh suasana, saat ada peristiwa maupun kejadian di wilayah hukum,” ujar pria asal Kecamatan Bayah ini.

Dalam kesempatan tersebut, Halimi mengingatkan, Kantor Bahasa yang sudah berusia 10 tahun, berada dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, terdapat layanan Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP). Salah satunya layanan bahasa dan hukum.

“Kami hanya mengingatkan, dan ini tugas kami dalam menambah keilmuan bagi para peserta. Kegiatan inipun bisa meningkatkan profesionalisme di bidang layanan bahasa dan hukum,” kata Halimi kepada para peserta edukasi bahasa dan hukum.

Diketahui, pada Edukasi Bahasa dan Hukum yang dilakukan Kantor Bahasa Banten dihadiri oleh 40 peserta. Baik dari instansi, kuasa hukum, aparat negara maupun awak media.

Panitia Pelaksana, Wuri Dian Trisnasari mengatakan, pelatihan inipun dilakukan pada Empat (4) Kabupaten maupun Kota di Banten. Yaitu, Kabupaten Serang, Kota Serang, Cilegon dan Tangerang Selatan.

Wuri yang juga menjabat sebagai Koordinator UKBI Kantor Bahasa Banten menambahkan, kegiatan pelatihan inipun dilakukan untuk mendongkrak kualitas literasi dalam berbahas hukum.

“Titik saran kita adalah tenaga profesional maupun calon tenaga profesional. Tujuan kita untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat di Indonesia, khususnya Banten untuk menggunakan bahasa hukum dengan baik dan benar,” pungkasnya.

Penulis : Mufin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed