oleh

Dinilai Lakukan PHK Sepihak, PT Aplus Pacifik Didemo Buruh dan SPN

CHANELBANTEN.com – Sejumlah buruh beserta Serikat pekerja Nasional (SPN) berunjuk rasa di depan perusahaan PT Aplus Pacifik di Desa Nameng, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis 25 Maret 2021.

Dalam aksi yang digelar dengan menerapkan Protokol kesehatan (Protokes) ketat itu, pengunjuk rasa menuntut agar perusahaan tidak semena-mena dalam menerapkan kebijakan ketenagakerjaan terhadap karyawannya.

Ketua DPC SPN Kabupaten Lebak, Uen dalam orasinya menegaskan, kebijakan atau keputusan PT Aplus Pacifik terhadap karyawan dalam penerapan ketenagakerjaan dinilai tidak sesuai dengan peraturan. Kebijakan itu salah satunya mengenai kebijakan Pemutusan kerja (PHK) terhadap karyawan.

“Kami menolak PHK dengan dalih promosi di luar wilayah, karena tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP),” ucapnya.

Pendemo juga menuding, PHK dengan dalih promosi merupakan indikasi upaya perusahaan pemberangusan anggota SPN yang terikat kerja di perusahaan itu.

“Promosi jangan dijadikan alasan perusahaan untuk PHK karyawan,” tegasnya.

Ia mengaku sudah menyampaikan persoalan ini ke Disnaker Lebak. Sayangnya, pihak dinas tidak merespon.

“Termasuk perusahaan juga tidak merespon aspirasi kami,” ucapnya.

Hingga unjuk rasa usai, perusahaan belum merespon tuntutan pendemo, begitu juga sejumlah wartawan belum mendapat konfirmasi dari pihak perusahaan terkait tuntutan buruh tersebut.

Penulis : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed