oleh

Makam Keramat Wong Sagati di Lebak Ada Kaitannya dengan Prabu Siliwangi, Simak Ceritanya

CHANELBANTEN.com – Destinasi wisata ziarah makam keramat Prabu Dalem Wong Sagati yang terletak di kampung Sajira Timur, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten memiliki kaitan dengan cerita Prabu Siliwangi dan Prabu Kiansantang.

Dilansir dilaman lebakunique.id, kawasan wisatan religi wewengkon tua dengan berjuta cerita itu dikelilingi ribuan pemakaman. Dari sekian banyaknya makam di lokasi itu, terdapat dua makam yang paling sering dikunjungi peziarah, yakni makam keramat Prabu Dalem Hadi dan Prabu Dalem Wong Sagati.

Baca juga : Melirik Pesona Keindahan Wisata Situ Cicinta di Maja Lebak

Kedua makam tersebut, oleh warga dan peziarah diyakini bahwa kedua tokoh itu masih ada kaitannya dengan Prabu Siliwangi dan Prabu Kiansantang. Kedua Prabu tersebut jugalah yang dipercaya sebagai penyebar agama Islam di daerah Sajira.

Tempat Ziarah Makam keramat Prabu Dalem Wong Sagati yang terletak di kampung Sajira Timur, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira dapat ditempuh dari terminal kota Rangkasbitung menggunakan angkutan kota (angkot) jurusan Rangkasbitung-Sajira. Perjalanan dengan menggunakan angkot ini akan memakan waktu sekitar satu jam.

Baca juga : Mantap! Setelah Pandemi, Wisata Curug Bantahan di Lebak Akan Dikembangkan

Satu hal yang menjadi nilai tambah dan membuat para peziarah merasa betah datang ke lokasi kedua makam keramat tersebut, yakni suasana yang teduh dan menenangkan, karena disetiap area pemakaman terdapat ratusan pohon besar yang rindang dihiasi suara kicau burung yang hinggap di pohon tersebut. Satu hal lagi yang menjadi daya tarik, disana juga terdapat aliran sungai Ciberang yang mengeluarkan gemericik melantuntkan suara alam, tepat berada tepat di bawah area kedai-kedai makanan yang disediakan bagi bara pengunjung.

Penulis : Ria Andera
Sumber : lebakunique.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed