oleh

Alasan ke Banten Wajib Berkunjung ke 4 Wisata Paling Popular Ini

CHANELBANTEN.com – Secara letak geografis Provinsi Banten dekat dengan Jawa-Barat dan pulau Sumatra. Wilayah Banten memiliki pantai, daratan, hutan dan pegunungan. Provinsi Banten mempunyai letak yang sangat strategis sehingga dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi laut, transportasi darat dan transportasi udara.

Sebagai Provinsi yang tergolong baru, Banten mungkin belum cukup dikenal oleh semua lapisan masyarakat di seluruh nusantara tapi sebenarnya provinsi ini memiliki banyak sumber daya alam dan pariwisata serta kesenian tradisional.

Provinsi Banten terbagi menjadi 8 Kabupaten dan Kota dengan beragam pariwisata uniknya masing-masing. Di antara sekian banyak objek wisata dan daya tarik wisata, Provinsi Banten telah menetapkan The Seven Wonders Banten yaitu destinasi andalan wisata di Provinsi Banten.

Baca juga : Dispar Banten Ajak Kang Nong Eksplor Wisata Unggulan di Banten, Ini Tujuannya

  1. Banten Lama

Wisata Banten yang pertama adalah wisata budaya Kota Kuno Banten atau Banten Lama. Komponen kota Banten Kuno Banten berupa Masjid Agung Banten dan makam-makam kuno ulama dan tokoh-tokoh agama yang ada di kawasan situs menjadi fokus-fokus wisatawan kunjungan wisatawan dengan tujuan untuk melakukan ziarah selain ke komponen kota lainnya dengan tujuan edukasi dan rekreasi. Untuk menikmati wisata Kota Banten Lama ini Anda hanya akan dikenai tarif parker untuk kendaraan Anda.

  1. Pulau Umang

Pulau ini sering disebut sebagai Balinya Banten karena keindahan pasir putih dan pantainya yang masih alami. Selain itu di Pulau Umang kalian juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang eksotis, pasti akan membuat kamu kangen dengan tempat ini. Lokasinya berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, sekitar 183 km dari Ibu kota Jakarta.

  1. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau terletak di tengah laut. Tepatnya di Selat Sunda yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Berjarak +45 km dari bibir pantai Desa Pasauran, Anyer, Kabupaten Serang.

Keberadaan Gunung Anak Krakatau ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara. Ditambah lagi Gunung Anak Krakatau ini terletak di Kawasan Wisata Pantai Anyer.

Baca juga : Kisah Johnnie dari Seorang Penjual Rokok hingga Wartawan, Kini Menjadi Pebisnis Pariwisata

Mengingat dalam sejarah peradaban manusia modern saat ini Letusan Gunung Krakatau pada 1883 adalah letusan gunung berapi paling dahsyat sepanjang sejarah seperti yang dilansir dari Jurnal Imaji.

  1. Pulau Sangiang

Menikmati Pulau Sangiang yang secara administratif masuk dalam Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten, bisa dimulai dari Pelabuhan Anyer yang berjarak 30 km dari Kota Serang.

Dari sini, pengunjung bisa menyewa perahu kemudian dilanjutkan dengan perjalanan selama 1 jam sebelum tiba di Dermaga Pulau Sangiang.

Pulau Sangiang dahulu pernah dijadikan sebagai destinasi wisata Banten unggulan dengan taraf internasional. Ini terlihat dari sisa-sisa bangunan hotel dan rumah sakit yang bisa dilihat di pulau ini. Namun, karena krisis moneter yang menimpa Indonesia pada tahun 1998, proyek besar ini pun ikut kena imbas dan akhirnya dihentikan.

Satu lagi yang menarik, di pantai ini ada menara pantau yang letaknya terdapat di pojok kanan pantai. Menara yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter ini digunakan TNI AL yang bertugas di Pulau Sangiang untuk melihat keadaan laut dan kapal yang sering hilir mudik di sekitar pulau ini.

Sumber : dispar.bantenprov.go.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed