oleh

Bappeda Serang Minta Diskominfosatik Update Informasi, Kenapa?

CHANELBANTEN.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang, Rahmat Maulana meminta kepada Dinas Komunikasi Infromatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) untuk terus update (memperbarui) melalui website resmi pemerintah daerah (pemda). Mengingat, infromasi terupdate sangat dibutuhkan masyarakat.

Hal itu disampaikan Rahmat saat menjadi narasumber pada acara Forum OPD Diskominfosatik tahun 2021 dalam rangka penyusunan rancangan renja tahun 2022 Dinas Kominfosatik di Aula KH. Syam’un pada Kamis, 4 Maret 2021.

“Yang paling serius bagaimana kita memberikan informasi lewat website resmi pemerintah daerah (pemda) yang dikelola oleh Kominfo, maka kominfo wajib mengalokasikan anggaran, mengalokasikan sumber daya manusia untuk mengelola (website) dengan baik,” kata Rahmat.

Menurut Rahmat, ketika informasi itu up to date benar-benar valid dan dibutuhkan oleh masyarakat, maka itu bisa bermanfaat oleh semua pihak. Itu salah satunya marwah Kominfo.

Sedangkan untuk yang lainnya, lanjut Rahmat, marwah Diskominfosatik itu harus ada kegiatan yang bersifat eksternal yang benar-benar memberikan manfaatkan besar kepada masyarakat.

“Jadi harus di biayai kegiatan-kegiatan itu, sehingga hadirnya Diskominfo di Kabupaten Serang memang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat,” paparnya.

Selain itu, kata Rahmat, Diskominfosatik juga melakukan bagaimana membangun kemitraan dengan media cetak maupun elektronik. Dengan demikian, Kominfo adalah PR atau public relations Pemda Kabupaten Serang bagaimana membangun sinergi dengan media baik cetak maupun online.

“Sehingga ini kita bisa berbagi informasi, berguna untuk menyebarluaskan informasi pembangunan di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya menuturkan, dilaksanakannya forum OPD dalam rangka mendukung tercapainya visi Kabupaten Serang yaitu ‘terwujudnya Kabupaten Serang yang maju, sejahtera dan agamis’ dalam RPJMD Kabupaten Serang tahun 2016-2021. Serta mendukung, terwujudnya misi ke-4 meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik serta pelayanan publik yang prima.

“Didukung kapasitas birokrasi yang berintegrasi, kompeten dan profesional, melalui Peraturan Bupati Nomor 78 tahun 2018 tentang tugas pokok, fungsi dan uraian tugas pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang,” tutur Anas.

Diskominfosatik hadir, tambah Anas, sebagai OPD yang memiliki tujuan meningkatkan penyediaan layanan informasi publik, meningkatkan penyelenggaraan e-government, meningkatkan keamanan informasi dan siber, dan meningkatkan penyelenggaraan data dan statistik daerah.

“Untuk mendukung tercapainya sasaran OPD tersebut, tahapan dan rangkaian perencanaan program kegiatan OPD haruslah didukung oleh para pemangku kepentingan yang menjadi mitra OPD,” pungkasnya.

Penulis: Mufin
Editor : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed