oleh

Cerita Rakyat Situs Batu Bedil di Lebak, Dari Petilasan Kiang Santang hingga Eyang Gentar Bumi

(Foto : tangkapan layar YouTube)

CHANELBANTEN.com – Wisata situs Batu Bedil yang berada di kawasan hutan Cikiruh Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten banyak menyisakan misteri.

Kono batu peninggalan zaman pra sejarah megalitikum dengan posisi berundak mirip pistol atau bedil (bahasa sunda) itu merupakan petilasan Kiansantang anak dari Prabu Siliwangi.

Baca juga : Mengenal Objek Wisata Goa Lalay yang Penuh Misterius di Desa Sawarna

Penjaga Situs Batu Bedil, Saepul Rahman menceritakan, berdasarkan cerita rakyat situs Batu Bedil merupakan petilasan Kiansantang. Namun, pihaknya tak mengetahui persis awal mula nama Batu Bedil tersebut.

“Kalau dari cerita masyarakat sih, disini (situs batul bedil) pernah jadi petilasan Kiansantang,” katanya.

Menurut dia, orang tuanya Sayong merupakan orang yang pertama kali menemukan situs tersebut pada tahun 1986. Dahulu, sebelum seperti sekarang ini, situs itu masih berupa hutan belantatara.

YouTube / Galuh Malpiana

“Lalu pada tahun 1999 keberadaan Batu Bedil ini menarik perhatian para peneliti Arkeolog. Hingga Provinsi Banten pun melakukan penataan pada tahun 2009,” katanya.

Baca juga : Sungai Batu Rogoh, Objek Wisata Tersembunyi di Way Kanan Lampung

Situs Batu Bedil berada di lahan seluas satu hektare milik kasepuhan adat Bayah dan merupakan peninggalan zaman prasejarah megalitikum sejenis batu monolith berbentuk menhir. Uniknya batu tersebut berada di kemiringan dinding bukit, sehingga terlihat seperti sebuah bedil yang moncongnya mengarah keselatan ke batu karang kuda yang berada tepat di desa Darmasari, Kecamatan setempat. Namun hingga saat ini, belum jelas keberadaan batu kuda tersebut.

Makam Eyang Gentar Bumi
Di area situs Batu Bedil juga terdapat lingkaran batu seperti makam. Kono, itu merupakan makam Eyang Gentar Bumi.

“Kono ceritanya seperti itu, bahkan dulu saya pernah kedatangan tamu yang berasal dari daerah Bogor, Jawa Barat yang mengaku keturunan Eyang Gentar Bumi,” kata Saepul.

Baca juga : Mengenal Objek Wisata Goa Lalay yang Penuh Misterius di Desa Sawarna

Menurut cerita Eyang Gentar Bumi merupakan seorang Aulia yang dikenal juga wali sakti Qudratullah yang mengemban amanah untuk menyiarkan Islam di wilayah selatan Sukabumi yang berbatasan dengan Lebak.

Penulis : Odil
Editor : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed