oleh

KH Rusmani Tokoh NU di Wonogiri Meninggal Dunia

CHANEL BANTEN.com l Salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Wonogiri, Jawa Tengah, KH Rusmani dikabarkan meninggal dunia, Kamis (11/3/2021) sekitar pukul 11.30 WIB.

Mbah Rusmani sapaan KH Rusmani wafat di kediamannya di Kauman, Dusun Miri, Desa Gedawung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Mbah Rusmani yang juga santri KH Hasyim Asy’ari ini dikabarkan sempat dirawat di rumah sakit karena sakit sebelum meninggal dunia.

“Hari Jum’at (5/3/2021) lalu, beliau sempat tidak sadarkan diri. Untuk pernafasan juga dibantu dengan peralatan oksigen,” kata Hasan, salah satu santri Mbah Rusmani seperti dilansir dari laman nu.or.id, Kamis (11/3/2021). 

Hasan mengatakan, jenazah Kiai Rusmani akan dimakamkan sesuai wasiatnya semasa hidup, yakni di lingkungan kediamannya.

“Nanti malam setelah Isya (dimakamkannya,red),” ucapnya.  

Semasa hidupnya, Mbah Rusmani dikenal sebagai seorang kiai yang sangat tawadhu. Ia sebelumnya tidak mengakui kalau saat mudanya pernah bertemu dan ngaji secara langsung kepada Pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari itu.  
Mbah Rusmani justru menyampaikan kalau yang pernah mondok di Tebuireng itu adalah saudaranya, bukan dirinya.

Mbah Rusmani yang siang itu mengenakan baju koko putih, peci putih, dan dibalut sorban lalu berkata, “Kulo namung sering sowan mriko (saya hanya sering berkunjung ke sana),” tuturnya.

“Mboten nderek ngaos (tidak ikut mengaji),” ucap Mbah Rusmani yang mencerminkan kerendahan hati dan ketawadhu’an santri pada seorang gurunya. (Mufin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed